Pengikut

Rabu, 05 Oktober 2011

Refleksi Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?

Identifikasi aspek Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi

Aspek Ontologi:
Matematika akan menjadi ilmu hanya bila dibangun berdasarkan intuisi. Intuisi sendiri sangat dipengaruhi oleh penglaman yang sangat terikat oleh ruang dan waktu. Jadi Matematika sebagai ilmu sangat terbatas oleh ruang dan waktu. Mengacu pendapat Kant, matematika juga bisa dipandang bukan ilmu. Dalam kondisi ini, matematika hanya berfungsi sebagai sebuah cara berpikir saja.

Aspek Epistemologi:
Matematika terstruktur secara deduktif dan tidak pernah ada pertentangan di dalam sistemnya(konsisten). Ini bukan berarti matematika itu tidak bisa dinamis (berkembang). Sebagai ilmu, matematika justru selalu berkembang seiring perjalanan ruang dan waktu .

Aspek Aksiologi:
Matematika sekolah harus diajarkan dengan memperhatikan ruang dan waktu. Menyampaikan matematika kepada peserta didik SD harus berbeda dengan peserta didik SMP, demikian pula kepad peserta didik SMA. Jika ruang dan waktu tidak diperhatikan, maka menyampaikan matematika sekolah tidak beda halnya dengan menyampaikan pengumuman saja.

Baca Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 6: Apakah Matematika itu Ilmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar