Pengikut

Sabtu, 01 Oktober 2011

Refleksi dari Elegi Pemberontakan Matematika 9: School Mathematics

Identifikasi aspek Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi
Aspek Ontologi:
Matematika sekolah adalah bagian dari Matematika yang dipilih untuk kepentingan kependidikan dan perkembangan IPTEK. Bagian Matematika yang dipilih untuk kepentingan ini adalah yang dapat melatih cara berpikir (melalui kegiatan penelusuran pola atau hubungan), mengembangkan kemampuan pemecahan masalah (melalui kegiatan problem solving), mengembangkan kreatifitas (melalui kegiatan penemuan/investigasi), dan mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan ide/gagasan (melalui kegiatan komunikasi matematika).

Aspek Epistemologi:
Berdasarkan kepentingan kependidikan itu, maka Matematika Sekolah harus diberikan kepada peserta didik dengan memperhatikan tingkat perkembangan intelektual peserta didik yang berbeda-beda dan selalu berkembang sesuai dengan ruang dan waktu pada setiap jenjang mulai dari SD, SMP, dan SMA. Untuk itu penyajian Matematika Sekolah harus memperhatikan tingkat keabstrakannya, dimulai dari yang lebih kongkrit menuju pada yang lebih abstrak. Disamping itu, pola berpikir dalam Matematika Sekolah juga harus  dimulai dari hal-hal yang bersifat khusus untuk menuju yang bersifat umum (INDUKTIF). Sekali lagi, Matematika Sekolah sangat terikat oleh ruang dan waktu, sehingga dalam proses pembelajarannya harus dimulai dari yang sederhana, kongkrit, dengan pola pikir induktif untuk menuju yang lebih kompleks, abstrak dan pola pikir yang deduktif sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual peserta didiknya.

Aspek Aksiologi:
Dari elegi ini, dapat diperoleh pelajaran bahwa seorang guru (Matematika) harus mampu merancang design pembelajaran dan menerapkannya dengan memperhatikan tingkat perkembangan intelektual peserta didiknya. Dengan demikian, diharapkan akan tercipta proses pembelajaran Matematika yang menyenangkan, sehingga konsep-konsep yang disajikan menjadi lebih mudah dipahami, dan akhirnya prestasi belajar peserta didik di bidang Matematika akan meningkat tanpa melalui cara INSTAN dan MENAKUTKAN.


Baca Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 9: School Mathematics

Tidak ada komentar:

Posting Komentar