Identifikasi untuk aspek:
Ontologi:
Intuisi matematika harus diartikan secara tepat sebagai bagian (unsur) dari intelektualitas seseorang. Kita harus memahami bahwa kemampuan matematika seseorang dengan pengetahuan yang dimiliki tentang struktur matematika dan hubungannya, sebagai faktor kekuatan budaya bermatematika yang bisa menghasilkan ide/gagasan baru dalam matematika.
Epistemologi:
Guru (matematika) sebagai salah satu bagian yang bertanggungjawab atas tumbuh kembangnya budaya bermatematika harus menumbuhkan budaya itu kepada siswa dalam proses pembelajarannya. Hal ini dapat dilakukan melalui pembelajaran matematika yang mengaitkan obyek matematika yang abstrak dengan dunia nyata, sehingga terlihat lebih kongkrit dan mudah dipahami siswa.
Aksiologi:
Budaya matematika yang kuat di kalangan siswa akan menghapuskan kesan umum yang selama ini melekat di sebagian besar siswa, yaitu matematika itu sulit dan membosankan. Hilangnya kesan ini dikalangan siswa akan membuat proses pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan sehingga mudah dipahami, dan pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Baca Elegi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar