Lesson Study merupakan salah satu alternatif mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran yang hingga saat ini masih dinilai oleh banyak pihak belum memberikan kesempatan yang luas kepada peserta didik untuk membangun sendiri pengetahuannya. Keunggulan lesson study adalah para guru bisa mengembangkan profesionalitasnya melalui penelitian kelas dalam proses pembelajaran. Sedangkan bagi peserta didik pembelajaran dengan lesson study memberikan kesempatan yang lebih luas kepada mereka untuk mngkonstruksi sendiri pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Hasil penelitian kelas melalui kegiatan lesson study dapat memunculkan inovasi-inovasi baru dalam proses pembelajaran, mencakup strategi, metode, pendekatan, model, sumber belajar dan komponen lain yang terkait langsung dengan proses pembelajaran.
Lesson Study dilaksanakan dengan 3 (tiga) tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Kegiatan perencanaan meliputi penyiapan strategi, metode, pendekatan, model, dan sumber belajar yang dirancang ke dalam sebuah sekenario pembelajaran (RPP) yang melibatkan teman sejawat. Tahapan berikutnya adalah melaksanakan apa yang sudah racang dalam tahap perencanaan yang melibatkan observer dari berbagai komponen terkait. Tahap terakhir adalah melaksanakan refleksi terhadap pelaksanaan. Tahapan ini diawali dengan penyampaian pengalaman guru selama melaksanakan proses pembelajaran, kemudian diikuti penyampaian pendapat/masukan dari observer tentang jalannya proses pembelajaran. Melalui kegiatan refleksi ini dimungkinkan muncul ide-ide baru yang inovatif untuk kepentingan pembelajaran berikutnya.
Pembelajaran berbasis lesson study merupakan jawaban untuk mengubah paradigma "guru mengajar" menjadi "peserta didik belajar". Lesson Study merupakan salah satu inovasi dalam proses pembelajaran yang memberikan kesempatan kepad peserta didik untuk membangun sendiri pengetahuan barunya melalui proses pembelajaran.
Pelaksanaan lesson study di Indonesia masih merupakan barang yang langka, kecuali di beberapa sekolah yang dijadikan pilot project pelaksanaan lesson study. Salah satu kendala/hambatan pelaksanaan lesson study di Indonesia adalah karakter peserta didik yang belum biasa mengadapi kehadiran orang lain (observer) di kelasnya saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini sangat terkait dengan masih jarangnya pelaksanaan pembelajaran berbasis lesson study di Indonesia. Ke depan semoga Lesson Study semakin banyak diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia sebagai salah satu jawaban perubahan paradigma pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar