Pengikut

Senin, 12 Desember 2011

Refleksi Constructing Mathematics Activity at Group-Discussion of The 6th Grade Students Of Primary Schools

Elegi ini merupakan salah satu contoh nyata bagaimana mengembangkan kegiatan peserta didik dalam rangka membangun pengetahuannya sendiri dalam proses pembelajaran.
Secara ringkas dapat dikatakan bahwa langkah-langkah mengembangkan kegiatan peserta didik dalam rangka membangun pengetahuannya sendiri dalam proses pembelajaran, sebagai berikut: 1) guru mengawali dengan menyampaikan materi yang akan dipelajari; 2) guru memberikan permaslahan dan menjelaskan kepada peserta didik apa yang harus dilaksanakan; 3) guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan diskusi kelompok (menggunakan bantuan LKS yang dikontruksi guru sendiri sebelum proses pembelajaran); dan 4) masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi serta membuat kesimpulan.
Melalui proses pembelajaran seperti itu dengan diamati oleh teman sejawat dan/ atau ahli yang bersesuaian, inovasi pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam membangun pengetahuannya akan senantiasa berkembang. Dengan demikian guru mempunyai variasi yang banyak dalam proses pembelajaran.
Semoga elegi ini menjadi sebuah motivasi kepada kita (guru) di Indonesia untuk senantiasa berusaha melakukan pengembangan invovasi proses pembelajaran di kelasnya dengan perubahan paradigma dari "guru mengajar" menjadi "peserta didik belajar". 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar